Windows 7 VRAM limitation


Masalah ini tergolong unik, googling sana-sini dapatnya cuma keterangan yang ngga jelas. Akhirnya ada sebuah link yang dapat memuaskan hati dan pikiran saya, Tom’s Hardware memuatnya dalam salah satu news mereka.

http://www.tomshardware.com/news/windows-graphics-ram-desktop-memory,7644.html

Cerita bermula ketika salah satu adik saya minta tolong (banyak sekali adiknya hehe…), dia mempunyai masalah dengan salah satu Game favoritnya yang katanya ngga bisa jalan di Windows 7 padahal dulu masih pake Vista oke2 saja. Ketika setting Video nya diset ke Medium (default Low), muncul dialog box yang kurang lebih artinya seperti ini “Maaf VRAM anda tidak mencukupi…”

note: di Windows Vista Shared Video memory terdeteksi 128Mb, sedangkan di Windows 7 hanya 64Mb. Utk spec. laptop HP Compaq CQ20-319TU, VGA driver pake Mobile Intel 4 series for Windows 7.

Akhirnya dicoba langkah2 berikut :
1. Cari setting VRAM kali aja ada yg bisa dirubah (curious mode on), nope.
2. Masuk BIOS, semoga ada menu seperti BIOS tipe lama dimana kita bisa rubah nilai shared Video Memory, nope.
3. Update driver VGA dengan yg terbaru for Windows 7, nope.
4. Googling ketemu link diatas, disarankan pake driver yang versi Windows Vista (WDDM ver 1.0) sedangkan Windows 7 menggunakan WDDM ver 1.1  (nah ini yang ditunggu2), dan akhirnya SUKSES.
sebelum install Vista driver, disarankan untuk Uninstall terlebih dahulu driver yang lama (Windows 7)  jangan lupa centang “Delete the driver software for this device”.

Jadi menurut keterangan Tom’s Hardware, WDDM ver 1.1 lebih stabil itulah kenapa jika kita menggunakan Windows 7 alokasi memori (utamanya jika kita pake Video yg shared memory type) akan lebih stabil berapapun banyaknya Window yang kita buka, sedangkan jika menggunakan WDDM ver 1.0 semakin banyak Window yang kita buka akan semakin boros juga pemakaian memori nya. Disamping itu berbeda juga disisi Memory Allocation.

Akhirnya adik saya dapat bermain Game favoritnya di Windows 7.

Selamat Bermain,
Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

29 Responses to “Windows 7 VRAM limitation”

  1. bang… boleh minta WDDM ver 1.0 nya gak? ane dah coba cari gak nemu-nemu😦

    kalo boleh ane tebak, pasti adeknya mau maen PES 2010 ya?😀

    • @syahuri,

      wah wddm 1.0 merk+tipe apa dulu, beda2 tuh…
      coba dunlud dari situs vendor bersangkutan, utk ceknya pake “dxdiag” bisa ketahuan
      wah lupa aku, kmrn pas mo maen PES ato PSSI ya… hehe

  2. Bro punyaku vga nya kan intel 4 express family, kalo mau download drivernya yg wddm 1.1 di mana ya?

  3. thanks Y bos

    owh Y download windows 7 tu dmNaY?

  4. bang aku pake window 7 home basic.vram yg bisa cma 64 MB…pdhl yg ad 700 mb.aku pake laptop dell inspiron 1464 spek corei3,2 ram,vga intel,250 gb hardisk…gmn upgradenya biar bisa main pes 2010….kasih infonya bang dimana download softwarenya?kirimi ya bang linknya ke ojie_mesin@yahoo.co.id
    makasi bang

  5. jd intinya hrs rollback ke wddm 1.0 yah? walaupun makan memory lbh besar tp bisa buat nge game. punyaku sama ky punya GAL tp cari2 masi blm ketemu, minta petunjuk dong.. Thx

  6. Wah…. bermanfaat sekali bung… kebetulan gejala lepi ku Cq20-320TU jg kyk gt. uda coba update dari http://www.hp.com masih gagal…. ternyata hrus pake WDDM 1,1 ya…
    thxs bro..

  7. kk tolong aku .. aku cari WDDM ver 1.1 nya ngga ketemu ..
    Laptop ku Compaq Presario CQ40 ..
    tolong bls kk .. lewat sini , email, atau no.hp ..
    email : muh_al_z@yahoo.com
    hp : 085747836770
    tolong kk .. butuh bgt ..
    kalau bisa lwt sms ..

  8. mas enaknya pake xp atau seven untuk main pes 2010.coz klo pke 7 lapie q di pes vramx terbaca 64 mb.

  9. wddm 1.0 compaq cq41-210tu
    download d.mana y…?
    thank’s

  10. bro vga gua ati radeon HD 3200

    ehh cara nyetting share VGA di bios gimna
    laptop gua Win 7
    VGA:ATI RADEON HD 3200
    NIH SISTEM GUA
    System Information
    ——————
    Time of this report: 9/23/2010, 19:37:14
    Machine name: FIAN
    Operating System: Windows 7 Ultimate 32-bit (6.1, Build 7600) (7600.win7_gdr.100618-1621)
    Language: Indonesian (Regional Setting: Indonesian)
    System Manufacturer: Hewlett-Packard
    System Model: Compaq Presario CQ40 Notebook PC
    BIOS: Default System BIOS
    Processor: AMD Turion(tm) X2 Dual-Core Mobile RM-75 (2 CPUs), ~2.2GHz
    Memory: 2048MB RAM
    Available OS Memory: 1790MB RAM
    Page File: 1444MB used, 7135MB available
    Windows Dir: C:\Windows
    DirectX Version: DirectX 11
    DX Setup Parameters: Not found
    User DPI Setting: Using System DPI
    System DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
    DWM DPI Scaling: Disabled
    DxDiag Version: 6.01.7600.16385 32bit Unicode

  11. kalo mau download wddm dimana y??

  12. om Beny, jadi kesimpulannya,klw mao vramny 256mb, harus instal driver vista ?, gwe py intel GMA 4500 MHD, jadi gwa harus instal driver ini?
    http://downloadcenter.intel.com /confirm.aspx?httpDown=http://downloadmirror.intel.com/17407/a08 /winvista_15124.exe&agr=&ProductID=&DwnldId=17407& strOSs=&OSFullName=〈=eng
    kira2 naik gk ya, dari 64 MB, yg sharusny 256mb
    d tgg jawabny
    TQ
    ^^

  13. gan, download wddm 1.0 buat acer emachines d720 dimana gan?

  14. mas saya mau nnya nih , kejadiannya sama seperti saya nih , saya udah coba cara” yang mas kasih , tapi vram nya cuma naek 128 mb mas , terus gmna caranya kalo biar jadi 256mb mas? please help me !😀

  15. Bang, yg di ganti teh driver Vga kan…Cara gantiny gmana’Y…

  16. mas gmn nh cara spy vga dell inspiron 1464 bs maksimal krn laptop saya lalot skl aplg klu pake main pes 2011 atau PB

  17. gan wddm ver 1.1 , minta link downloadnya dong??

  18. gan mau tanyak punyat temen udah core i3 , vram 64 MB kyak di atas, apa sama?

  19. Ryan Herman Says:

    Om Beny tolongin dong, ane juga maen pes 2011 vram yg kbaca cman 64mb..
    Ane pake laptop alienware m14x, vganya intel HD Graphic sama NVIDIA GeForce GT555m 1,5GB, windowsnya pake 7 64bit..Tolong pencerahannya ya om, thx

  20. Ryan Herman Says:

    Yang mana ya om yang harus saya download biar WDDMnya 1.0?

    • @ryan dunlud sesuai dg jenis Graphic card sampeyan, coba liat di Device Manager–>Display Adapter ato biasanya tipe Graphic Card sama dg tipe Chipset Processor bisa diliat di Device Manager–>System Devices

  21. bobi : gan kompi saya pake intel (R) G33/G31 xpres chipset family,.,os nya 7 ultimate disana tertulis 64 trus yg sharednya 187 padahal yang onboardnya 256.,.versinya 8.15.0010.1823(englis) driver modelnya WDDM 1.0.,.,.
    ane coba maen pes 2010 ko cma low qualiti mo di medium or high g bisa.,.,.
    gmn y gan ???ane mesti download driver yang gmn ???
    ane dah cari2 caranya cuma di sni yang jelasin dengan rincii.,.,.tapi ane ttp g bisa.,.,.tolong pencerahannya gan ???
    makasih sebelumnya

    • @bobi mkn di versi wddm 1.0 nya dilock segitu aja gan.. coba update driver wddm 1.0 terbaru dari Intel klo masih tetep ya mkn rejekinya segitu gan

Leave a Reply

